8 Perawatan Kulit Kering Terbaik yang Dapat Anda Coba

8 Perawatan Kulit Kering Terbaik yang Dapat Anda Coba

Banyak orang merasa minder dengan tekstur kulit mereka. Idealnya, kulit Anda harus terasa lembut, halus, dan halus saat dalam kondisi lembap sempurna. Namun, Anda mungkin mengalami serangan kekeringan di kulit Anda dari waktu ke waktu. Saat Anda memiliki kulit kering, teksturnya akan kasar dan bersisik sehingga tidak nyaman untuk disentuh.

Kulit kering adalah suatu kondisi yang terjadi ketika Anda tidak memiliki cukup kelembaban di kulit Anda. Kondisi ini sering terjadi pada bulan-bulan musim dingin. Selama musim ini, udara di luar cenderung lebih kering dan kurang lembab, sehingga air di kulit Anda akan lebih cepat menguap. Kulit kering juga dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti usia tua, pilihan diet yang buruk, dan kondisi kulit yang mendasarinya.

Untungnya, Anda dapat mengikuti beberapa inisiatif untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dan sehat. Anda akan merasa mudah untuk menerapkan delapan pengobatan kulit kering ini dalam kenyamanan rumah Anda:

1. Melembabkan Setiap Hari

Jika Anda memiliki kulit kering, Anda harus selalu menjaga kelembapannya. Di sinilah berbagai pelembab, salep, dan krim dapat berperan. Produk kosmetik ini akan meningkatkan kemampuan kulit Anda untuk menahan air. Produk terbaik untuk kulit kering biasanya mengandung bahan-bahan berikut: ceramide, oatmeal koloid, dan asam hialuronat.

Karena kulit setiap orang berbeda, memilih pelembab yang tepat mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan sebelum Anda akhirnya menemukan yang ideal. Anda mungkin ingin mengunjungi fasilitas kecantikan kosmetik untuk rekomendasi mereka. Sebagai aturan praktis, cobalah untuk menghindari produk kosmetik dengan bahan kimia keras, seperti alkohol atau dioksan.

2. Eksfoliasi untuk Menghilangkan Kelebihan Kulit Kering

Setiap bulan, kulit Anda menciptakan sel-sel baru sambil melepaskan yang lama. Pengelupasan adalah salah satu solusi kulit kering terbaik karena menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini membantu mengurangi tambalan kering dan meningkatkan tekstur kulit yang lebih halus. Meskipun pengelupasan kulit dapat melakukan keajaiban bagi kulit Anda, jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa iritasi yang tidak diinginkan.

Ada dua jenis utama metode pengelupasan kulit. Jenis pertama disebut pengelupasan mekanis, yang melibatkan penggunaan kuas, kain lap, dan lulur wajah. Perangkat ini dioleskan dengan lembut pada wajah dan tubuh Anda untuk mengelupas sel-sel kulit. Jenis kedua disebut pengelupasan kimia, yang melibatkan penggunaan bahan kimia. Metode ini biasanya diwujudkan dalam berbagai produk kosmetik atau prosedur pengelupasan kimia .

3. Ubah Kebiasaan Mandi Anda

Beberapa orang lebih suka mandi air panas daripada mandi air hangat, tetapi ini tidak disarankan jika Anda memiliki kulit kering. Dengan mandi air panas, Anda menghilangkan minyak alami dari kulit, yang penting untuk menjaga kelembapan tubuh. Jika Anda khawatir tentang kulit kering, selalu perhatikan suhu air mandi Anda.

Demikian pula, Anda tidak boleh menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi. Mandi panjang akan menghilangkan sebum dari kulit, yang merupakan zat lilin berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous Anda. Tanpa jumlah sebum yang berlebihan, kulit Anda mungkin lebih cenderung mengering. Waktu mandi yang disarankan adalah antara lima dan sepuluh menit. Apa pun yang lebih lama dapat membuat kulit Anda berisiko kering.

4. Gunakan Pelembab Udara

Menyimpan pelembab udara di rumah Anda adalah obat yang sangat efektif untuk kulit kering. Panas listrik dari HVAC dapat menghilangkan kelembapan udara. Hal ini membuat udara menjadi kering, yang akan memperburuk kondisi kulit kering Anda. Tingkat optimal untuk pelembab udara Anda adalah sekitar 60 persen, yang cukup untuk melawan efek dari sistem pemanas rumah Anda.

5. Hindari Alergen dan Iritasi

Jika kulit Anda tiba-tiba menjadi kering, reaksi tersebut mungkin disebabkan oleh pakaian yang Anda kenakan. Bahan pakaian tertentu dan bahan kimia deterjen dapat mengiritasi kulit. Pakaian dengan wol atau serat sintetis cenderung mengiritasi kulit Anda, jadi berhati-hatilah saat memilih pakaian harian Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lingkungan lain yang bisa memicu kulit kering. Ini mungkin termasuk duduk di dekat perapian dan berenang terlalu lama di air yang mengandung klor.

6. Tambahkan Susu dan Madu Ke Dalam Diet Anda

Pilihan diet tertentu adalah solusi alami yang bagus untuk kulit kering. Menambahkan susu untuk diet harian Anda sangat dianjurkan. Susu mengandung lemak yang dikenal sebagai fosfolipid yang meningkatkan penghalang kulit. Makanan berharga lainnya adalah madu, yang membantu melembabkan, menyembuhkan, dan mendinginkan kulit yang meradang.

7. Makan Makanan Sehat

Jumlah nutrisi yang sehat sangat penting untuk memperbaiki kulit kering Anda. Aturan umumnya adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan seng. Beberapa makanan terbaik untuk kulit kering termasuk ikan berlemak, makarel, alpukat, kenari, tomat, dan brokoli.

Cokelat hitam juga cocok untuk kulit kering karena kaya akan antioksidan. Untuk minuman, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk minum teh hijau, yang melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini.

8. Perawatan Medis

Jika Anda telah mencoba semua pengobatan kulit kering lainnya tanpa hasil yang terlihat, Anda mungkin perlu mencari nasihat medis. Seorang profesional kulit, juga dikenal sebagai dokter kulit, mungkin meresepkan salep atau krim topikal untuk mengatasi kondisi kulit kering yang membandel. Dokter kulit akan merekomendasikan obat yang sesuai berdasarkan akar penyebab kulit kering Anda.