7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Taipei

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Taipei

Terletak di ujung utara Taiwan, sekitar 100 mil di lepas pantai Cina, Taipei adalah ibu kota Taiwan. Rekor tertinggi 11,84 juta orang mengunjungi Taiwan pada 2019, banyak dari China. Tetapi di luar istana nasional, hiburan yang aneh dan indah serta masakan yang luar biasa, seberapa banyak yang Anda ketahui tentang Taipei? Dari gedung pencakar langit yang menjulang hingga salah satu museum yang paling dicintai di dunia, kami telah mengumpulkan beberapa fakta menarik tentang Taipei.

1. Taipei Kaya

Taipei menempati urutan kesembilan dalam daftar kota dengan penduduk paling kaya. Ini juga merupakan kota terkaya kedua di Asia per kapita. Menurut penelitian Knight Frank, sekitar 1.519 penduduk Taipei memiliki aset setidaknya $30 juta. Tetapi tidak seperti kota-kota kaya lainnya, orang kaya Taipei tidak tertarik untuk memamerkan kekayaan mereka, yang menyebabkan julukannya ‘negara kaya tersembunyi di Asia’. Orang super kaya cenderung berinvestasi di real estat, dengan warga kaya yang masing-masing memiliki rata-rata 5,4 rumah

2. Taiwan Adalah Negara Pertama di Asia yang Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis

Pada tahun 2017, pengadilan konstitusional Taiwan memutuskan bahwa pasangan sesama jenis memiliki hak untuk menikah secara sah. Pulau itu memiliki waktu dua tahun untuk membuat perubahan yang diperlukan pada undang-undang, tetapi mendapat reaksi publik. Pada 2019, setelah serangkaian referendum, parlemen Taiwan yang berbasis di Taipei menjadi yang pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Anggota parlemen memperdebatkan tiga RUU berbeda untuk melegalkan serikat sesama jenis dan RUU pemerintah, yang paling progresif dari ketiganya, disahkan.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata di Inggris yang Wajib Dikunjungi

Taipei adalah kota yang sangat ramah gay dan menjadi tuan rumah salah satu festival PRIDE paling mengesankan di dunia setiap tahun. Audrey Tang menjadi menteri transgender di dunia pada usia 34 juga.

3. Anda dapat Mengunjungi ‘Jalan Menuju Surga’

Jalan Xinsheng dijuluki ‘Jalan ke Surga’ karena tingginya konsentrasi kuil, kuil, gereja, dan masjid yang berjajar di sepanjang jalan. Daerah Distrik Da’an ini juga dikhususkan untuk agama “asing”, dengan gereja Katolik dan Islam keduanya memiliki rumah mewah di seberang jalan dari Taman Da’an.

4. Taipei Adalah Rumah Bagi Beberapa Gedung Tertinggi di Dunia

Bangunan tertinggi di Taiwan saat ini adalah Taipei 101, yang menjulang setinggi 509,2 meter (1.671 kaki) yang mengesankan. Ketika selesai pada tahun 2004, secara resmi menjadi gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa mencuri mahkotanya pada tahun 2010. Namun, secara teknis masih merupakan bangunan Platinum bersertifikasi LEED terbesar di dunia – tingkat tertinggi pada skala Kepemimpinan Dewan Bangunan Hijau AS dalam Desain Energi dan Lingkungan. Itu juga gedung tertinggi kesembilan di dunia.

Saat ini ada enam bangunan di atas 200 meter yang sedang dibangun di Taiwan, termasuk Taipei Twin Tower 1, direncanakan mencapai 370 meter (1.214 kaki) dan Taipei Sky Tower, yang akan mencapai 280 meter (919 kaki).

5. Ini Adalah Salah Satu Kota Terbaik di Dunia untuk Seni dan Budaya

Sebagai jantung budaya dan kreatif Taiwan, kota ini adalah rumah bagi sekitar sepertiga dari industri kreatif negara itu. Museum Istana Nasional adalah salah satu dari 20 yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan lebih dari 4,5 juta pengunjung pada 2019 dan 2020. Ini adalah harta karun seni dan barang antik Tiongkok, dengan hampir 700.000 item. Di luar istana, ada 131 museum dan 198 galeri seni yang tersebar di sekitar kota juga. Big Seven Travel bahkan menamakannya sebagai kota terbaik ke-11 di dunia untuk seni dan budaya pada tahun 2022.

Baca Juga:  10 Destinasi Wisata Terpopuler di Perancis yang Memanjakan Mata

6. Taipei Membanggakan Salah Satu Program Berbagi Sepeda Terbaik di Dunia

Kita semua akrab dengan Uber, tetapi pernahkah Anda mendengar tentang YouBike? Ini adalah jaringan besar kios penyewaan sepeda yang tersebar di sekitar Kota Taipei. Untuk menyewa sepeda, Anda hanya perlu mendaftarkan Easycard dan nomor telepon lokal Anda untuk verifikasi. Kemudian Anda tinggal memilih sepeda yang tersedia di tempat parkir, geser kartu ke terminal dan geser sepeda Anda keluar. Itu murah, dengan 30 menit pertama gratis, dan tidak perlu setoran bus juga.

Menurut YouBike, setiap sepeda berharga sekitar NT$10.000 (US$330) karena dirancang untuk tahan sering digunakan – rata-rata 13 kali sehari, dua kali lipat dari sepeda rata-rata.

7. Taipei Sangat Bersih

Pada tahun 1997, pemerintah setempat meluncurkan program besar untuk membersihkan jalan-jalan kota dan warisannya telah bertahan lama. Sistem pembuangan sampah domestik kota ini juga cukup terkenal. Di Taipei, orang percaya bahwa sampah tidak boleh menyentuh tanah, jadi mereka langsung membuang sampah mereka ke truk sanitasi ketika datang. Untuk memastikan tidak ada yang melewatkannya, kendaraan itu memutar “Für Elise” Beethoven dari pengeras suara.