8 Perawatan Jerawat Terbaik untuk Orang Dewasa

8 Perawatan Jerawat Terbaik untuk Orang Dewasa

Apakah masa remaja Anda dipenuhi dengan kenangan traumatis tentang jerawat dan kambuhnya jerawat? Sebagai orang dewasa, Anda mungkin percaya bahwa pengalaman jerawat terburuk Anda akhirnya berakhir. Sayangnya, hal ini tidak selalu terjadi. Meskipun jerawat sering dikaitkan dengan remaja, banyak dari kita masih menderita kondisi kulit yang mengganggu ini saat dewasa. Jerawat bisa memudar seiring waktu, tetapi masalahnya mungkin tidak akan pernah benar-benar hilang.

Jerawat dewasa dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk stres, polusi, fluktuasi hormonal, dan rutinitas perawatan kulit yang buruk. Jerawat juga bisa disebabkan oleh apa yang Anda makan, terutama jika diet Anda mengandung banyak makanan pedas atau kaya gula. Selain itu, komposisi genetik Anda dapat menyebabkan jerawat, yang bisa sangat membuat frustrasi karena hampir tidak mungkin untuk dikendalikan.

Untungnya, ada berbagai perawatan jerawat dan produk kecantikan yang bisa meringankan kondisi tersebut. Anda mungkin tertarik untuk mencoba delapan perawatan jerawat terbaik untuk orang dewasa rekomendasi Java Travel berikut ini:

1. Perawatan Microneedling

Microneedling adalah salah satu perawatan jerawat terbaik untuk orang dewasa. Prosedur kosmetik ini menggunakan jarum kecil yang merangsang produksi kolagen dan elastin kulit. Orang sering beralih ke pengobatan ini untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala jerawat.

Cara kerja microneedling adalah jarum mikro akan membuka pori-pori Anda dengan lembut. Ini mengurangi produksi sebum dan membuat kulit Anda kurang berminyak. Hasilnya, perawatan microneedling dapat mengurangi bekas jerawat, menghilangkan jerawat, dan meminimalkan komedo di kulit Anda.

Baca Juga:  5 Manfaat Chemical Peel untuk Perawatan Kulit

2. Perawatan Kulit Kimia

Banyak orang dewasa merasa minder dengan bekas jerawat mereka, yang terkenal sulit dihilangkan. Masalah ini dapat berhasil diatasi dengan prosedur pengelupasan kimia . Pengelupasan kimia bekerja dengan pengelupasan kulit, yang menghilangkan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang lebih sehat. Selain menghilangkan jerawat, perawatan ini juga dapat meratakan warna kulit, mengurangi garis halus dan flek hitam, serta meremajakan penampilan.

3. Masker Tanah Liat Bentonit

Tanah liat bentonit memiliki tekstur yang lembut dan halus dengan kandungan kalsium, magnesium, dan besi. Bahan tanah liat alami efektif dalam menyerap minyak, kotoran, dan racun dari kulit. Ini membantu mengurangi peradangan kulit, membuatnya efektif saat menangani jerawat.

Tanah liat bentonit biasanya digunakan untuk membuat masker wajah untuk perawatan jerawat orang dewasa. Tanah liat bentonit sering dibeli sebagai tanah liat bubuk, yang kemudian dicampur dengan air untuk membuat masker wajah penuh.

4. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang populer digunakan untuk mengobati jerawat dan noda. Dengan sifat antibakteri yang dominan, minyak pohon teh sangat efektif dalam memerangi bakteri dan membersihkan jerawat dari kulit Anda. Untuk menggunakan minyak esensial ini, Anda perlu mencampur empat tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh minyak pembawa (seperti minyak kelapa). Oleskan larutan ini pada jerawat Anda dan tunggu hingga hilang.

Baca Juga:  Cara Membuat Tangan Lembut Secara Alami di Rumah

5. Asam Salisilat

Asam salisilat adalah bahan yang biasa ditemukan dalam produk kosmetik yang mengobati jerawat. Ia bekerja dengan menghilangkan lapisan luar kulit, yang membantu membebaskan pori-pori dari sebum dan bakteri. Beberapa produk populer dengan asam salisilat termasuk pencuci muka dan eksfoliator, tetapi bahan ini juga tersedia dalam berbagai gel, cairan, dan krim.

Sementara asam salisilat terbukti efektif, beberapa efek samping mungkin termasuk kemerahan dan kekeringan pada kulit sensitif. Jika Anda menderita gejala-gejala ini, Anda disarankan untuk mencari pengobatan jerawat alternatif dewasa.

6. Retinoid

Retinoid adalah kelas senyawa kimia yang terkait dengan Vitamin A. Mereka memiliki kekuatan untuk membangun kolagen, melembabkan kulit, dan menghilangkan sel-sel mati. Perawatan jerawat retinol sangat efektif dalam membersihkan dan mencegah noda. Jika Anda tidak dapat menemukan produk bebas yang mengandung retinoid, Anda mungkin perlu mendapatkan resep medis.

7. Probiotik

Probiotik hidup dikenal untuk mendukung pencernaan yang sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, mereka juga memiliki karakteristik yang efektif untuk mengobati jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit Anda. Probiotik dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Anda dapat mengonsumsi suplemen probiotik, yang tidak memerlukan resep apa pun. Sebagai alternatif, Anda dapat memasukkan makanan yang mengandung probiotik hidup ke dalam diet Anda, seperti yogurt dan acar.

8. Antibiotik

Antibiotik mungkin diperlukan untuk mengobati kasus jerawat dewasa yang lebih parah. Antibiotik bekerja dengan mengurangi bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori, yang juga akan menurunkan kemungkinan timbulnya jerawat.

Baca Juga:  6 Pilihan Perawatan untuk Mengencangkan Kulit Kendur