6 Pilihan Perawatan untuk Mengencangkan Kulit Kendur

6 Pilihan Perawatan untuk Mengencangkan Kulit Kendur

Apakah Anda merindukan hari-hari ketika kulit Anda terasa halus secara alami? Pada puncak masa muda Anda, Anda mungkin memiliki kulit yang tampak bercahaya tanpa memperhatikan rutinitas perawatan kulit apa pun. Sayangnya, ini akan berubah seiring bertambahnya usia. Selama bertahun-tahun, kulit Anda mulai melorot di sekitar pipi, hidung, dagu, leher dan lengan, di antara tempat-tempat lain di tubuh Anda.

Kulit kendur terutama disebabkan oleh penuaan, tetapi juga dapat dikaitkan dengan kerusakan akibat sinar matahari, penurunan berat badan, dan paparan racun dari lingkungan. Faktor-faktor ini melemahkan protein kolagen dan elastin esensial yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Tanpa dukungan mereka, kulit Anda mulai melorot, menggantung, dan melayang ke bawah sebagai hasilnya.

Sementara faktor predisposisi kulit kendur mungkin tidak dapat dihindari, ada beberapa perawatan perawatan kulit yang dapat digunakan untuk mengencangkan kulit kendur . Jika Anda mencari cara efektif untuk mengencangkan kulit yang kendur, berikut adalah enam pilihan perawatan populer untuk dipertimbangkan:

1. Microneedling

Juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen, microneedling adalah pilihan perawatan yang efektif untuk mengencangkan kulit yang kendur. Teknik ini menggunakan rol kulit dengan jarum kecil untuk menusuk kulit, yang memicu produksi jaringan kaya kolagen baru. Hasilnya, kulit Anda akan terlihat lebih kencang dan bertekstur. Microneedling sangat cocok untuk mengobati bintik-bintik penuaan, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Baca Juga:  7 Manfaat Kecantikan & Kesehatan Akupunktur Kosmetik

Meskipun microneedling efektif bagi banyak orang, ada beberapa pertimbangan yang perlu diingat. Anda mungkin mengalami iritasi dan kemerahan sementara setelah prosedur. Anda juga harus menghindari prosedur ini jika Anda sedang hamil, memiliki luka terbuka, atau memiliki riwayat medis penyakit kulit.

2. Perawatan Laser

Jika Anda menginginkan perawatan yang akan membuat tubuh Anda tidak terluka, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjalani prosedur laser. Teknik ini mendistribusikan panas jauh ke dalam kulit Anda tanpa menimbulkan bekas luka di permukaan kulit Anda. Laser mengencangkan kulit, terutama di sekitar perut dan lengan atas.

Efektivitas perawatan ini mungkin tergantung pada teknologi laser spesifik yang digunakan. Setelah beberapa kali perawatan laser, Anda akan mulai melihat hasilnya dalam beberapa bulan. Kulit Anda akan terasa lebih kencang selain memiliki lebih sedikit kerutan dan bintik hitam dibandingkan sebelum perawatan.

3. Pengencangan Kulit Ultrasound

Ini adalah prosedur pengencangan kulit non-invasif, artinya tidak ada instrumen yang dimasukkan ke dalam tubuh. Itu menggunakan energi ultrasound untuk memasukkan panas ke kulit pada kedalaman dan lokasi tertentu. Ini biasanya dilakukan dengan perangkat genggam, yang menyebarkan gelombang ultrasound ke seluruh permukaan kulit.

Teknologi pengencangan kulit ultrasound ini sangat efektif dalam mengencangkan area alis, dagu, leher dan dada. Ini juga ideal untuk mengobati tanda-tanda awal penuaan, terutama di sekitar wajah dan leher. Perawatan ini memakan waktu sekitar 30 hingga 90 menit, meskipun Anda mungkin mengalami beberapa ketidaknyamanan sementara selama sesi. Efek sampingnya cukup ringan, termasuk mati rasa, memar, dan kemerahan, yang semuanya akan hilang seiring waktu.

Baca Juga:  5 Manfaat Chemical Peel untuk Perawatan Kulit

Baca Juga: Daftar Vitamin C yang Bagus Dikonsumsi

4. Perawatan Frekuensi Radio

Dalam perawatan non-invasif ini, energi frekuensi radio digunakan untuk mengencangkan kulit yang kendur dengan meningkatkan elastisitasnya. Teknik ini memanaskan jaringan di bawah kulit, menyebabkan kontraksi dan merangsang lebih banyak produksi kolagen. Dapat digunakan di sekitar mata, rahang, dagu, perut, serta berbagai bagian tangan, lengan, dan lutut Anda.

Berbeda dengan perawatan ultrasound, perawatan frekuensi radio menargetkan lapisan epidermis untuk membuat kulit tampak lebih kencang dan halus. Ini melibatkan ketidaknyamanan minimal, tidak memerlukan waktu henti, dan aman untuk semua jenis kulit. Dengan serangkaian perawatan frekuensi radio yang berkelanjutan, hasil pengencangan kulit akan terwujud seiring waktu.

5. Krim Pengencang Kulit

Mengoleskan krim pengencang kulit mungkin tampak sebagai pilihan yang paling nyaman, karena Anda dapat mengintegrasikannya sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan produk yang sah dan cocok untuk kulit Anda. Jika tidak, Anda mungkin berakhir menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit Anda dengan pilihan produk yang salah.

Saat mencari krim pengencang kulit, krim tersebut harus mengandung asam salisilat atau glikolat. Itu juga harus memiliki retinol, yang dikenal sebagai vitamin A, yang membantu membangun lebih banyak kolagen dan meratakan elastisitas kulit. Krim ini diharapkan akan meningkatkan kualitas kulit Anda setelah beberapa waktu, tetapi Anda harus rajin mengaplikasikannya dan bersabar dengan hasilnya.

Baca Juga:  Cara Membuat Tangan Lembut Secara Alami di Rumah

6. Operasi Pengencangan Kulit

Pilihan bedah adalah pengobatan yang efektif namun invasif untuk mengencangkan kulit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kelebihan kulit melalui pembedahan dan mengencangkan jaringan di bawahnya. Biasanya ada beberapa prosedur yang terlibat, seperti pengencangan kelopak mata, pengencangan wajah, dan pengencangan alis. Operasi dapat memerlukan periode pemulihan yang lama, anestesi, dan bahkan mungkin meninggalkan bekas luka. Akibatnya, banyak orang memilih perawatan pengencangan kulit non-invasif daripada prosedur bedah ini.